Di Golaga Ada Bunga Udumbara Yang Konon Hanya Mekar 3000 Tahun Sekali

Goa memang menyimpan banyak keajaiban alam yang sangat menakjubkan, terutama dengan jenis bebatuannya.Selain Golaga (Goalawa Purbalingga) yang sudah sangat dikenal masyarakat Kota Purbalingga khususnya dan masyarakat Jawa Tengah pada umumnya, Destinasi Wisata Goalawa juga memiliki Goa Lorong Kereta.

Goa Lorong Kereta adalah goa yang menyerupai gerbong kereta dan mempunyai keunikan tersendiri dengan jenis bebatuannya.

Goa yang masih alami ini bisa digunakan untuk wisata minat khusus. Bagi wisatawan yang gemar berpetualang dan menyukai tantangan pasti akan tertarik melakukan susur goa (caving) didalam Goa Lorong Kereta yang memiliki kedalaman sekitar 300 m.

Goa Lorong kereta mempunyai dua pintu lorong yang tidak saling berhubungan. Di lorong bagian atas merupakan lorong yang membentuk seperti gerbong kereta.

Sementara di lorong satunya memiliki pintu lorong yang super sempit namun di dalamnya cukup luas.

Untuk bisa memasuki Goa Lorong kereta, wisatawan harus ektra hati-hati karena lorong utama untuk masuk sempit, Anda harus jongkok dan merangkak untuk bisa menelusuri lorong demi lorong yang terdapat di Goa Lorong Kereta.

Bebatuan di Gua Lorong Kereta mempunyai banyak keunikan, tak kalah dengan batuan klawing yang pernah booming di Kota Purbalingga. Di Gua Lorong Kereta ada beberapa batu yang menyerupai arca .

Yang tak kalah menariknya adalah ada sejenis tumbuhan yang hidup diatas batu. Sepintas mirip semacam serangga yang sudah mati.

Beberapa orang yang sempat melihat penampakan bunga ini di foto mengatakan kalau tumbuhan ini mirip seperti bunga udumbara budha yang diyakini hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali.Mungkinkah ini adalah bunga udambara budha ???



Berbagai sumber mengatakan kalau bunga udumbara budha yang melegendaris itu bisa tumbuh diberbagai media, seperti daun, batu, kaca, baja, papan, besi, tembaga dll.

Bunga udumbara budha yang terdapat di Goa Lorong Kereta ini memiliki kelopak yang masih kecil dengan tangkai yang seperti benang sutra. Siapa yang melihatnya pasti bakalan terkesima dan terkagum-kagum.

Tips
Jumlah maksimal untuk masuk ke Goa Lorong Kereta secara bersamaan adalah 15 orang. Hal ini untuk mengkondisikan dan menjaga ekosistem di dalam Goa Lorong Kereta.

Pengunjung yang masuk Goa Lorong Kereta harus menggunakan peralatan keselamatan caving dan pemandu demi kelancaran caving. Beberapa peralatan yang dibutuhkan diantaranya : Sepatu boots, headlamp/senter, dan helm.