Keseruan Pancasila Youth Camp #4, Sosialisasikan Pancasila dan Lingkungan Hidup

Ratusan perwakilan pengurus OSIS SMA/SMK, mahasiswa dan organisasi kepemudaan di Purbalingga, mengikuti Pancasila Youth Camp. Acara seru itu berlangsung di Obyek Wisata Goa Lawa (Golaga), Sabtu (8/6/2024) hingga Minggu (9/6/2024).




Kepala Dinas Pemuda Olahraga Purbalingga, R Budi Setiawan mengatakan, Pancasila Youth Camp bertujuan memberikan pemahaman ideologi Pancasila.

“Pelaksanaannya bersamaan dengan momentum bulan Pancasila. Supaya menarik, sosialisasi dengan kemah bersama peserta sekitar 450 orang,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) hadir dan memberikan motivasi kepada peserta. Dia mengajak agar para pemuda menjaga semangat gotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat.

“Gotong-royong merupakan saripati dari Pancasila. Sepanjang gotong-royong masih ada dalam masyarakat, berarti masih menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.




Selain menjaga semangat gotong-royong, Bupati Tiwi juga mengajak untuk waspada dan melawan upaya para oknum yang ingin memecah belah bangsa.

“Kalau ada oknum yang ingin mengoyak persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa Indonesia, maka cuma ada satu kata, lawan!” lanjutnya

Bupati menjelaskan, indikasi mereka yang ingin memecahbelah bangsa adalah radikalisme dan intoleransi. Bahkan memiliki gagasan untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lainnya.

“Rasa menghormati perbedaan di antara kita ini juga salah satu bentuk pengamalan Pancasila. Termasuk menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan,” katanya lagi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) bercerita kepada pemuda-pemuda Purbalingga, bagaimana Founding Fathers Ir Soekarno bersama dengan pejuang kemerdekaan melahirkan Pancasila sebagai Ideologi bangsa.

“Sebelum kita cinta kepada Pancasila, adik-adik semua harus mengerti sejarah perjuangan akan lahirnya Pancasila,” kata Tiwi dalam kegiatan Pancasila Youth Camp 2024,di kompleks Goa Lawa Purbalingga (Golaga).

Acara lain dalam Pancasila Youth Camp adalah senam pagi bersama, serta hiking dan penanaman pohon di lereng Gunung Kelir. Beberapa peserta yang sempat ditemui saat hiking mengatakan, dia merasa senang bisa mengikuti kegiatan itu.

“Acaranya seru, sosialisasi tentang Pancasila,berkemah dan gak nyangka akan ada hiking juga. Kita selain mendapatkan pengetahuan juga bisa berkemah dan berwisata,” tuturnya.