Tingkatkan Kunjungan Wisata, Purbalingga Gelar Sarasehan Di Golaga

Guna mendongkrak sektor pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif, Pemkab melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga menggelar Sarasehan bertajuk "Sinergitas Membangkitkan Sektor Pariwisata, Budaya, Dan Ekonomi Kreatif", Sabtu (1/6/2024) malam.



Bertempat di Destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga). Pertemuan tersebut sekaligus menjadi ajang diskusi yang menampung segala aspirasi, ide, serta konsep para pelaku wisata, budaya, dan ekraf yang dibutuhkan untuk kemajuan sektor tersebut.

“Kita sepakat bahwa ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata menjadi hal yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita. Dimana terdapat 1.038.000 kunjungan wisata ke Purbalingga dan berada di urutan 16 di Jawa Tengah pada tahun 2022, sedangkan untuk tahun 2023 merangkak naik dengan total kunjungan wisata sejumlah 2.483.000 dan menjadi urutan 8 di Jawa Tengah,” terang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Purbalingga Mukodam, ketika sesi focus group discussion berlangsung.



Peran para pelaku pelaku pariwisata, lanjutnya menjelaskan, baik itu pemilik objek wisata, biro wisata, budaya dan pegiat di bidang ekonomi kreatif menjadi satu hal yang penting dalam kemajuan sektor ini. Pemkab akan berkomitmen dalam pengembangan pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif dan yang paling kami butuhkan adalah sinergitas dari para pelaku pariwisata, ekonomi, dan ekraf.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga H.R. Bambang Irawan menyatakan bahwa melihat animo yang luar biasa di Kabupaten Purbalingga, maka pariwisata dan ekonomi kreatif akan tidak sulit untuk bisa terbang lebih tinggi lagi.

“Purbalingga dengan kekayaan budayanya harus dipertontonkan melalui festival. Dan kami akan support dengan anggaran. Yang terpenting pelaku wisata dan budaya bisa teropeni (terbantu) dengan baik,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga.

Dalam rangkaian acara tersebut Ketua DPRD bersama dengan rombongan juga berkesempatan menikmati Camping di Destinasi wisata Golaga dilanjutkan pada pagi hari rombongan Ketua DPRD bersama Bupati menuju Gardu Menara pandang Gunung Malang untuk melihat suasana alam dan potensi wisata yang ada di Kawasan tersebut.